say yess !! for laskar pelangi


aku sebenernya nggak tertarik amat untuk baca novel best seller karangan mas andrea hirata ini, soalnya kakak sepupuku udah pernah baca novel ini 3 tahun yang lalu, (* udah lama banget yah !! ) dan kasih komentar yang buaguss bangetss !! bukan bagus aja !! bener-bener menginspirasi . otomatis aku langsung mikir lebay (* berlebihan ) amat sih komentarnya, nggak tau apa kakakku yang melebih-lebihkan novel ini atau memang si penulis yang melebih-lebihkan karangannya alias terlalu mendramatisir.

makanya dari situ aku jadi males baca novel yang mengisahkan perjalanan hidup 11 orang siswa SD terpencil di pulau belitong tuh. 3 tahun pun berlalu tanpa kerasa, tapi tetep aja novel ini menjadi bahan omongan temen-temenku yang gila banget sama novel, sampai akhirnya ada sutradara nan tenar riri riza & mira lesmana yang memfilmkan kisah hidup andrea hirata itu.

penasaran kaya apa sih novelnya kok sampe heboh + hore banget di indonesia, (* secara tiap hari siaran berita selalu mem-blow up fim ini ditambah lagi kesediaan nidji untuk ngisi soundtracknya ) aku langsung pergi ke perpustakaan sekolahku trus ngambil sebuah novel dengan judul laskar pelangi. pertama-tama baca (* jujur ) agak sedikit boring. kenapa ?? soalnya banyak banget kata-kata asing atu lebih tepatnya kata-kata ilmiah yang nggak diterjemahkan secara gamblang dan membuat susunan imajinasiku buyar.

pamor sekolahnya ( SD Muhammadiyah ) lewat kompetisi cerdas cermataku baca ke bab berikutnya, kok semakin menarik dan aku baca terus sampe bab terakhir. harus diakui bahasa penulisan yang disajikan ringan dan akan mudah dipahami oleh setiap golongan. emosi yang disajikan dalam film ini pun lengkap, ada haru karena kisah ikal (* andrea sendiri ) yang harus kehilangan cinta pertamanya, bangga saat lintang berhasil mendobrak dan kegeniusan mahar dalam menciptakan konsep karnaval 17 agustus di belitong yang bener-bener mengocok perut, ada lagi nilai-nilai mistik bodoh dari persekutuan gaib flo dan mahar. pokoknya komplit dah !!

selese baca buku ini aku nggak ngerasa lega atau puas, malah semakin penasaran gimana versi filmnya nanti (* diputar serentak di bioskop seluruh indonesia tgl. 25 september 2008 ) apakah sesuai dengan imajinasi yang terbangun dibenakku atau malah sebaliknya. hufss.... PENASARAN !! makanya kalian yang belom baca buku ini buruan deh baca dan segera nonton filmnya. okeh !!

0 komentar: