aziz & jurnal ajaib : mudik ke desa


Huuuiii para blogger.....!!!!! Gimana liburan lebaran tahun ini ?Di rumah aja sambil bengong dan upil-upil nggak jelas ato mudik ke kampung halaman tercinta.

Emang sedih ya kalo liburan panjang nggak kemana-mana.
Tenang aja,kelamaan g mudik juga ntar akhirnya kerasan di kota kelahiran.Kalo saya salah satu dari sekian juta orang yang pulang kampung di liburan lebaran kali ini.

Mau tahu nggak pengalaman mudik saya ke madiun(kotanya para mbok-mbok pecel).

mau ya ?mau dong ?PLISSSSSS.......!!!
Nah !!!!! gitu kan cakep mau nyimak pengalaman mudikku.
Hehehehe.

Pengalaman ini bermula ketika sebuah negeri nan indah dan ceria mulai terusik oleh angin dan bau yang tak sedap.
*apaan tuh ? kentut kali ya ? hehehehe.

Sebenernya,mudik bukan rutinitas yang aneh di lingkungan keluarga saya,setiap tahun,setiap liburan panjang pasti tujuan akhirnya ya ke madiun juga.Di madiun tinggal nenek dan sepupu saya,jadi enak kalo pergi kesana,soalnya sepupu saya seumuran gitu.

Umgh....aku lupa tanggal berapa pokonya H-5 Idul Fitri 1428 H kemaren,saya,mbok,dan kakak laki-laki saya berangkat ke Madiun naek kereta api madiun ekspress.Pak'e nggak ikut soalnya beliau kerja di jakarta dan janjian ketemuan di Madiun. Kembali ke naek kereta api.Jangan dipikir karena naek kereta api yang ada embel-embelnya "ekspress" bisa tenang dan cepat sampai di tujuan.

"SELAMAT.ANDA SALAH BESAR"

Berangkat dari st.Gubeng jam 1 siang,dan tiba di Madiun jam 5.15 sore.Hey......? kalo diitung-itung terlambatnya sekitar dua jam gitu.Saya sih nggak apa-apa,mbok dan mas saya juga nggak apa-apa.Tapi.pantat saya yang menggelembung tidak bisa kompromi.

Waw....rasanya kaya adonan roti manis yang dipanggang di oven panas.
Mak nyus !!!!!!


Yah tapi tak apalah,itung-itung sekalian ngitung panjang rel dari surabaya sampe madiun.Sampai di Madiun kami dijemput sepupu saya,sebut saja namanya "BM".Dijemput sih memang dijemput,tapi sekedar ucapan selamat datang dan "pengalungan untaian kemabang bak pahlawan"

Lha jemput pake sepeda kebo warisan mbah kakung,yo nggak bisa mas !!!!! Tas bawaan seberapa,boncengannya seberapa.Wis.....naek becak aja dah selamet sampai tujuan kok.

Hah ?! tak kusangka nenekku sekarang sudah tua dan beruban(*tolong ya)
Salaman dulu dong sama nenek,kalo nggak gitu ntar nggak dapet sangu(uang jajan).hahahaha.

Baru masuk rumah.lha kok sudah Adzan maghrib,cihuiiiii berbuka.Dan ternyata nenekku dan sepupuku sama-sama eror.Berbuka puasa yang dicari pertama pasti minumannya,makanan kecil nomor dua.

"Alhamdulillah sudah buka,ayo ndang diminum teh nya"kata nenek

Woi.....TEH PANAS sapa juga yang mau ?

Bukannya melegakan tenggorokan,malah menyulut lidah ke api neraka.


"Kok teh panas seh mbah ?ngene iki lak podo ae aku nggak buka.(*kalo gini sama aja aku nggak buka puasa mbah ) ? tanyaku dengan aksen inggris.

"Lha aku wis ora kuat minum es lho,ziz........."jawab mbah polos

Hmmm......capek deh mbah.Satu yang nggak kuat minum es,sekeluarga yang nggak boleh minum es.
(*mbah.....Aku minta maaf ya.ini cuma sedikit uneg-uneg dari cucumu yang paling cakep.Ntar aku sungkem lagi deh )


Tapi banyak hal yang jarang aku lakukan di surabya,eh malah terjadi di desa nenekku.memeng kampung halaman is the best.
Kapan hari itu aku ke kebun belakang trus nebang pohon tebu,soalnya aku juarang banget "ngrokoti" tebu kaya dulu lag.jadi kangen-kangenan gitu.Pohon tebu yang aku potong panjangnya sekitar 3 meter gitu.pokoknya panjang banget dah.Trus dipotong kecil-kecil dan diserit kulit luarnya.nah....baru di"krokoti" bersama saudara-saudaraku.

Ya,gimana ya.Rasanya udah tentu manis,tapi suasana yang kaya gitu jarang aku dapet aja.SENANG.......!!!!


Selain itu,dari sampe rumah nenek sampe hari terakhir di Madiun,aku selalu tidur dilantai yang cuma dialasi tikar rotan.Hehehe........ Kalo yang ini bukan disengaja,tapi kebetulan aja kamar dan kasurnya sudah penuh.Jadi harus mengalah sama saudaraku yang laen.Soalnya semua pada ngumpul disana. Hmmm.......Aku akan selalu inget suasana di kampung halamanku.Suasanya yang peacefull dan homy. Pokoknya.Madiun is the best dah !!!!! (*ini pendapat pribadi lho ya,ntar diprotes)



*SELALUCINTAKAMPUNGHALAMAN

0 komentar: