BEASISWA KE JEPANG

Dunia pendidikan di Indonesia semakin hari semakin mahal,padahal kualitasnya pun tidak terlalu berbeda jauh.Keadaan ini membuat kita harus benar-benar jeli dalam hal memilih pendidikan yang tepat sasaran bagi kita.Jangan sampai salah pilih,apalagi ketika memasuki masa pendidikan tingkat atas.

Sebenarnya keadaan ini tidak perlu terlalu di khawatirkan,cukup belajar giat dan menjadi siswa berprestasi,maka pintu pendidikan yang berkualitas akan terbuka di depan mata Anda.

Ya Anda benar.Program beasiswa dirasa menjadi jalan keluar terbaik ketika terbentur antara biaya dan kualitas sekolah yang baik.

Pemerintah Jepang menyediakan program beasiswa (Monbukagakusho/MEXT) bagi seluruh pelajar indonesia yang ingin melanjutkan pendidikannya di negeri sakura tersebut.

Pada umumnya sistem pendidikan di Jepang sama dengan Indonesia.Yaitu 6 tahun SD,3 tahunSMP,3 tahun SMA,dan 4 tahun universitas.Selain universitas,terdapat pula Junior College,College of Technology,Special Training College tetapi awal tahun ajaran baru dimulai pada bulan April.

Beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang meliputi Program Research Student,Program Undergraduate(S-1),Program College of Technology(D-3),Program Special Training College(D-2),Program Penataran Guru, dan Program Japanese Studies.

*Program Research Student ditujukan bagi lulusan S-1 yang ingin melanjutkan Program Degree (S-2 / S-3) di Jepang.

Persyaratan yang harus dipenuhi :
  1. Usia dibawah 35 tahun pada tanggal 1 April tahun keberangkatan.
  2. IPK min.30
  3. Nilai TOEFL-PBT min.550 atau TOEFL-CBT min.213
  4. Memilih bidang studi yang sama dengan disiplin ilmu sebelumnya
  5. Bersedia belajar bahasa Jepang karena bahasa pengantar adalah bahasa Jepang
  6. Sehat jasmani dan rohani
  7. Pelamar harus memahami keterangan persyaratan yang ditulis dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris.
Fasilitas :
  1. Bebas biaya ujian masuk,biaya kuliah,dan uang pendaftaran
  2. Tiket kelas ekonomi p.p Indonesia (Jakarta) - Jepang
  3. Tunjangan kedatangan 25.000 Yen
  4. Tunjangan 175.000 Yen /bulan Itahun 2006)
  5. Tanpa ikatan dinas
Cara pelamaran :
  1. Formulir dapat diambil di bagian pendidikan Kedutaan Besar Jepang,Konsulat Jenderal Jepang atau download dari website Kedubes Jepang (http://www.id-japan.go.jp)
  2. Formulir beserta dokumen yang diminta harus dibawa /dikirim langsung ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.
  3. Pendaftaran dibuka bulan Maret dan ditutup bulan April/Mei setiap tahun

0 komentar: